41Libraries : Past, Present and Future, itulah tema dari seminar nasional yang diselenggarakan UPT Perpustakaan UGM Yogyakarta dalam rangka puncak rangkaian ulang tahun UPT Perpustakaan UGM ke – 61 yang diselenggarakan pada hari Kamis 15 Maret 2012 yang lalu. Acara yang dihadiri kurang lebih 250 pustakawan dari seluruh Indonesia itu terasa lengkap dengan

hadirnya tiga pembicara yang sudah tidak asing bagi dunia perpustakaan, beliau adalah Bapak Dadi P Rahmananta, M.LIS., mantan kepala PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia),  Datuk Raslin Bin Abu Bakar, kepala PERPUN Malaysia dan Bapak Dr. Djoko Luknanto, pakar teknologi informasi UGM. Dalam seminar itu dibahas tentang perkembangan dunia perpustakaan dari masa lalu, masa kini hingga masa yang akan datang, perkembangan perpustakaan di dunia dan di Indonesia khususnya sangat maju dan pesat, seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini perpustakaan bukanlah hanya sekedar tempat membaca dan meminjam buku, akan tetapi perpustakaan menjadi sumber informasi, temu kembali informasi dan pusat deposit informasi guna pemenuhan kebutuhan informasi penggunanya/ pemustaka.

                 Seiring perkembangan jaman perpustakaan pun mengalami perkembangan pesat, hal ini sudah pernah dinyatakan oleh bapak pencetus hukum perpustakaan yaitu Ranganathan yang dalam salah satu hukumnya berbunyi A library is a growing organism yang artinya perpustakaan bagai organisme yang terus tumbuh dan berkembang. Hukum tersebut telah dicetuskan oleh bapak perpustakaan dunia yang berasal dari india tersebut 82 tahun yang lalu tepatnya tahun 1930. Dan kini hukum itupun terjadi, seiring dengan perkembangan IPTEK, IT dan Jaman, perkembangan perpustakaan tidak dapat dipungkiri lagi. Perkembangan perpustakaan yang demikian pesat tetap harus diimbangi oleh kinerja dan profesionalisme Pustakawan sebagai pegawai ahli di bidang perpustakaan. Tanpa diimbangi dengan adanya pustakawan yang handal dan mahir dalam bidang IT mustahil akan tercipta sinergi dan kemajuan bagi perpustakaan pada saat ini yang dituntut selalu up to date dalam memberikan informasi pada pemustaka.

            Bapak Dadi P Rahmananta, M.LIS , mengatakan bahwa pustakawan saat ini diibaratkan “Guardian of Knowledge and Information Provider” (Malaikat/ Wali Ilmu Pengetahuan dan Penyedia Informasi). Itulah Pustakawan pada era milenium saat ini, bukan lagi dikatakan sebagai “penjaga” buku dan sebutan lainnya. Pada acara seminar tersebut bertindak selaku Delegasi dari UPT Perpustakaan UNISSULA dan Fakultas di lingkungan UNISSULA ialah :

  1. Ahmad Hidayah, A.Md. (Pustakawan UPT Perpustakaan UNISSULA)
  2. Dewi Pratiwi, A.Md. (Pustakawan Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA)
  3. Dyah Multi Setianingrum, A.Md. (Pustakawan Fakultas Agama Islam UNISSULA) , dan
  4. Wahyu (Pustakawan Fakultas Kedokteran UNISSULA)

 

WhatsApp us