Minggu, 18 Juli 2021 pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, UPT Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung telah melaksanakan kegiatan webinar yang dibuka untuk umum dengan tema “Terapi Secretome Stem Cell untuk Pasien Covid-19”. Kegiatan ini diselenggarakan guna memberikan edukasi kepada masyarakat umum khususnya civitas akademika Universitas Islam Sultan Agung mengenai metode terapi Secretome Stem Cell pada pasien Covid-19, dengan harapan agar masyarakat lebih faham apa itu metode terapi Secretome Stem Cell guna menyembuhkan pasien Covid-19.

Pemateri pada webinar ini yaitu Assoc Prof. Dr. dr. Agung Putra, M.Si Med., Director of Stem Cell and Cancer Research (SCCR), dimoderatori oleh Kepala UPT Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung yaitu Dr. H. Muhammad Ja’far Shodiq, S.E., S.Si., M.Si., Ak. CA., CSRS., CSRA., ACPA. dan Eti Sumiati S.IP Pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung sebagai pembawa acara/host.

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting dengan dihadiri oleh lebih dari 1000 orang peserta yang merupakan civitas akademika Universitas Islam Sultan Agung, dokter dan perawat dari seluruh Indonesia, peneliti, serta masyarakat sipil lainnya.

Secretome Stem Cell merupakan salah satu metode terapi untuk pasien Covid-19. Virus Covid-19 pada beberapa pasien akan mengakibatkan pasien mengalami Badai Cytokine. Badai Cytokine merupakan kondisi inflamasi akibat dikeluarkannya molekul molekul pro inflamasi oleh leukosit akibat infeksi virus Covid-19 yang akan menyebabkan fibrosis paru yang berujung pada kegagalan bernafas. Sel punca yang berukuran 5-50 kilodalton mampu menerobos jaringan pekat yang menutupi paru-paru kemudian meredakan Badai Cytokine di titik pusat dan secara bersamaan mensupresi sel-sel radang tersebut. Selain mampu menghentikan badai Cytokine, terapi Secretome Stem Cell ini juga mampu mempercepat regenerasi jaringan rusak pasca Covid-19 serta mampu mempercepat pemulihan pasien Covid-19.

Kegiatan webinar ini juga dilaksanakan secara live di chanel youtube UNISSULA Library, sehingga peserta dapat menyaksikan kembali kegiatan Webinar Terapi Secretome Stem Cell untuk Pasien Covid-19 tersebut pada chanel youtube UNISSULA Library.

Serta berikut ini Materi Webinar Terapi Secretome Stem Cell untuk Pasien Covid-19 yang dapat diunduh dan dipelajari kembali.

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, UPT Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung akan berusaha menjadi fasilitator untuk masyarakat lebih mengenal Covid-19 serta proses pencegahan dan penyembuhannya dengan menyelenggarakan webinar serupa secara berkala.

WhatsApp us