UPT Perpustakaan Unissula meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) pada 8 Maret 2016 lalu. Penghargaan dan sertifikat diberikan langsung Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpusnas T Syamsul Bahri SH MSi kepada kepala UPT Perpustakaan Unissula Muhammad Qomaruddin PhD. Sebagai wujud rasa syukur karena mendapat akreditasi A, UPT Perpustakaan Unissula mengadakan tasyakuran pada 25 Mei 2016 di lantai 2 UPT Perpustakaan Unissula. Acara ini dihadiri oleh 70 orang, yaitu Rektor Unissula H. Anis Malik Thoha, Lc., MA., Ph.D beserta jajaran pimpinan UNISSULA dan pustakwan perpustakaan Fakultas di lingkungan UNISSULA.

Adapun rangkaian acara tasyakuran tersebut, antara lain ramah tamah, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan kepala UPT Perpustakaan, sambutan Rektor UNISSULA, pemotongan tumpeng, pembagian hadiah kepada mahasiswa aktif di UPT Perpustakaan Unissula dan staff/dosen yang aktif mengunduh e-jurnal, penandatanganan MoU dengan pihak Springer, doa, dan penutup.

Dalam sambutanya Muhammad Qomaruddin Ph.D menyampaikan tentang keadaan perpustakaan UNISSULA, meliputi luas gedung, jumlah koleksi (buku, jurnal nasional dan internasional, prosiding, skripsi,tesis, dan disertasi), jumlah pustakawan upt perpustakaan dan perpustakaan fakultas-fakultas di UNISSULA, dan statistik kunjungan. Selain itu Muhammad Qomaruddin Ph.D juga menyampaikan pengembangan UPT Perpustakaan Unissula ke depan, yaitu penambahan scurity gate, RFID chip sistem, CCTV, e-gate, dan drop book box. UPT Perpustakaan Unissula dalam proses sentralisasi sehingga perlu melakukan pengembangan agar menunjang jalannya sentralisasi.

Sementara itu Rektor Unissula Anis Malik Thoha LC MA PhD menyatakan sentralisasi adalah salah satu rencana kerja yang sudah lama dibuat dan baru akan direalisasikan di kepemimpinan kepala UPT Perpustakaan Unissula yang baru yaitu kepemimpinan Muhammad Qomaruddin PhD. Menurut Anis Malik Thoha LC MA PhD bahwa predikat akreditasi “A” menuntut  tanggung jawab yang lebih untuk UPT Perpustakaan Unissula meningkatkan manajemen, sumber daya manusia, pelananan, dan fasilitas agar lebih baik dari sebelumnya.

Setelah sambutan acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng oleh Rektor Unissula Anis Malik Thoha LC MA PhD dan dilanjutkan pembagian hadiah. Ada dua katogori pembagian hadiah yaitu mahasiswa aktif di UPT Perpustakaan Unissula dan katagori staff/ dosen yang paling banyak mengunduh e-jurnal Springer. Dalam katagori mahasiswa aktif ada 4 mahasiswa, yaitu Nur’aini Maghfiroh (Fakultas Agama Islam) , Eko Adi Prasetyo (Fakultas Ekonomi), Lutfi Najib (Fakultas Bahasa), dan Anis Mujazid (Fakultas Agama Islam). Katagori kedua adalah staff/ dosen yang paling banyak mengunduh e-jurnal Springer, ada 3 staff/ dosen yang menerima hadiah yaitu Abid Rizki (Fakultas Teknik), Badi’ah (Fakultas Teknologi Industri), dan Ruseno (LPPM).

Selesainya pembagian hadiah, dilanjutkan penandatangan MoU oleh Christine Ririani (Sales Representative – iGroup Asia Pasific) dan Rektor Unissula Anis Malik Thoha Lc., MA Ph.D. UPT perpustakaan mulai melanggan Springer dari 1 Juni 2016 sampai 31 Desember 2016.

Share This

Share This

Share this post with your friends!