Kesehatan merupakan hal yang paling banyak diinginkan oleh setiap orang di dunia. Setiap orang pasti akan berusaha dan mengorbankan banyak hal untuk mendapatkannya. Dalam kehidupan seorang muslim mendapatkan nikmat kesehatan tidaklah sulit, tanpa disadari rutinitas keagamaan yang dilakukan oleh seorang muslim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Begitulah hal besar yabg dituangkan dalam buku berjudul Terapi dengan Ibadah. Rutinitas keagamaan atau ibadah yang akan dibahas dalam buku ini diantaranya adalah istighfar, sedekah, doa, al-Qur’an, shalat dan puasa. Pengertian, hikmah, keutamaan dan kisah nyata mengenai ibadah-ibadah ini juga turut dijelaskan dengan rinci.

Shalat Sebagai Salah Satu Terapi

Salah satu ibadah yang banyak dibahas dalam buku ini adalah salat. Salat dalam segi bahasa berarti doa atau memohon. Manfaat kesehatan dari ibadah salat ini beragam, penulis melengkapi pula dengan beberapa pernyataan ilmiah yang membuat materi salat ini semakin menarik. Manfaat pertama ibadah salat ini dimulai dari wudhu. Kegiatan wudhu yang disebut juga dengan bersuci ini memiliki manfaat diantaranya mengembalikan keseimbangan tubuh, memelihara kesehatan mulut dan gigi, meredakan demam tinggi, mencegah kanker kulit, dan lain-lain.

Gerakan salat memiliki manfaat kesehatan seperti penguatan tulang, menghindari varises, antisipasi gangguan jantung, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat kesehatan psikologi, hal ini telah terbukti dalam riset yang dilakukan pada penderita penyakit kanker dan paru-paru beserta sanak keluarga mereka. Riset ini menunjukan bahwa komitmen seseorang terhadap ibadah-ibadah keagamaan menjadi metode efektif yang dapat mengurangi depresi dan kegundahan para penderita.

Kesehatan Modal utama Beibadah dan Khusus

Kesehatan yang selama ini dicari dan diinginkan ternyata begitu mudah didapatkan oleh seorang muslim dalam pendekatakannya kepada Allah. Ibadah yang diperintahkan-Nya ternyata memiliki berbagai manfaat yang begitu besar. Manusia seringkali terlena dan terlupa meninggalkan perintah-perintah Sang Pemilik Sehat, padahal perintah-Nya itulah yang mejadi terapi untuk terus menguatkan dan menyehatkan dirinya. Buku “Terapi dengan Ibadah” ini sangat berguna bagi para muslim karena dapat meningkatkan pemahaman dan pemaknaan mengenai ibadah-ibadah yang diperintahkan-Nya. Penulis mengemas dan membahas materi-materi ibadah dengan bahasa yang apik dan sederhana, sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca.