Perpustakaan Unissula memberikan pelatihan Turnitin kepada mahasiswa. Pelatihan dilakukan secara hybrid yaitu online dan offline pada hari Kamis, 30 Mei 2024, di aula lantai 3 Perpustakaan Unissula. Kepala Perpustakaan Unissula Moh Aris Siswanto SH MH mengatakan bahwa pelatihan Turnitin akan dilakukan empat kali setahun menjelang wisuda. “Jadi program pelatihan Turnitin ini merupakan arahan dari Rektor, dan pelaksanaannya akan dilakukan secara periodik menjelang wisuda,” katanya.

Selain itu, dia menyatakan bahwa siswa harus mendapatkan pelatihan Turnitin, karna itu adalah modal yang sangat penting. “Agar siswa berhati-hati saat menulis karya ilmiah, menulis skripsi agar tidak melanggar plagiarisme, karena konsekuensinya sangat besar, yaitu gelar akademik dapat dicabut. Selain itu juga untuk mendukung integritas akademik,” katanya.

Dr. Andre Sugiyono, Wakil Rektor I Unissula, juga menyatakan betapa pentingnya pelatihan ini. Menurutnya, Turnitin adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa, terutama dalam hal membuat karya ilmiah. Ini karena mahasiswa S1 memiliki tugas akhir untuk menulis skripsi, sehingga pelatihan ini membantu mereka menghindari plagiarisme. Saat membuka acara pelatihan, dia menyatakan, “Nanti harapannya mahasiswa tidak hanya mendapatkan pelatihan Turnitin, tetapi juga media-media lain seperti Mendelay dan lainnya yang dimiliki perpustakaan.”

Pelatihan di instrukturi oleh Citra Fitriyah dari Staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula. Acara  dimulai dengan pengenalan media Turnitin dan praktik pemanfaatan turnitin.