Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Desentralisasi Sebagai Variabel Moderating


Persaingan bisnis yang semakin meningkat, membuat perusahaan dituntut untuk mengarahkan segala kemampuannya agar dapat lebih unggul dalam persaingan. Sebelum manajer mengambil keputusan, maka manajer memerlukan pengetahuan yang luas agar dapat melihat dan menggunakan peluang yang ada, mengidentifikasi masalah, dan menyeleksi Sistem Akuntansi Manajemen {SAM} yang handal, maka disertai dengan adanya pengambilan keputusan desentralisasi yang tepat sehingga menghasilkan kinerja manajerial yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh SAM terhadap kinerja manajerial, serta menganalisis pengaruh SAM terhadap kinerja manajerial dengan menginteraksikan pengambilan keputusan secara desentralisasi dengan SAM. Berdasarkan uraian di atas maka judul dalam penelitian ini adalah "Pengaruh Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial dengan Dersentralisasi sebagai Variabel Moderating".

Populasi dalam penelitian ini adalah manajer, yaitu manajer umum dan manajer produksi di perusahaan manufaktur di Semarang. Dari 135 perusahaan manufaktur yang masing-masing diambil 2 manajer sehingga menjadi 270 responden. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebesar 66 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang digunakan adaiah regresi berganda.

Hasil penelitian ini adalah pada pengujian pertama, SAM memiliki pengaruh positif yang signifikan dan positif terhadap kinerja manajerial, maka hipotesis 1 diterima. Pada pegujian kedua, adanya pengaruh interaksi antara SAM dengan pengambilan keputusan secara desentralisasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kinerja manajerial, maka Hipotesis 2 diterima.

Dikha Indah Puspita - Personal Name
657.8 PUS P
657.8
Indonesia
2009
Semarang
xiii;76;30x21 cm
Akuntansi Manajemen, Sistem Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajeral, Desentralisasi, Variabel Moderating, Perusahaan
LOADING LIST...
LOADING LIST...