Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial


Praktik pengungkapan informasi pertanggungjawaban sosial memainkan peranan penting bagi perusahaan karena perusahaan hidup di lingkungan masyarakat dan kemungkinan aktivitasnya memiliki dampak sosial dan lingkungan. Praktik pengungkapan tanggung jawab sosial perlu dilakukan sebagai wujud tanggung jawab dan bentuk komunikasi dengan stakeholder atas dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi perusahaan. Hal tersebut memperluas tanggung jawab organisasi (khususnya perusahaan), diluar peran tradisionalnya untuk menyediakan laporan keuangan kepada pemilik modal, khususnya pemegang saham. Perluasan tersebut dibuat dengan asumsi bahwa perusahaan mempunyai tanggung jawab yang lebih luas dibanding hanya mencari laba. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran praktik pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan rnanufaktur di Indonesia dan untuk mengetahui apakah karakteristik perusahaan (kepemilikan publik, kepemilikan manajemen, leverage, profitabilitas dan ukuran dewan komisaris) mempengaruhi pengungkapan informasi pertanggungjawaban sosial perusahaan manufaktur. Review terhadap penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang tidak konsisten.

Popalasi dalam penelitian ini adalah perusahaaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2006, 2007 dan 2008. Pemilihan Sampel dengan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 19 perusahaan dengan tiga tahun periode pengamatan. Total pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 57. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for windows. Jumlah pengungkapan sosial perusahaan diukur dengan 79 item pengungkapan berdasarkan Global Reporting Initiative indeks.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan kepemilikan publik, kepemilikan manajemen clan leverage tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan tema yang paling banyak diungkapkan perusahaan dalam laporan tahunan adalah aspek tenaga kerja, sedangkan tema yang paling sedikit diungkapkan perusahaan adalah aspek hak asasi manusia.

Kata kunci:
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, kepemilkan publik, kepemilikan manajemen, leverage, profitabilitas, ukuran deNx}ariFkornisaris, GRI indeks.

Waarid Eka Sufiyah - Personal Name
657.8 SUF P
657.8
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008)
Indonesia
2010
Semarang
xii;77;30x21 cm
Akuntansi Manajemen, Tanggung Jawab Sosial, Perusahaan, Kepemilikan Publik, Manajemen, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, GRI Indeks
LOADING LIST...
LOADING LIST...