Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Preferensi Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh faktor ekonomi, faktor agamis, dan dorongan dari pihak luar terhadap preferensi masyarakat terhadap bank syariah. Menguji perbedaan preferensi masyarakat terhadap bank syariah yang pemerintah dan bank syariah swasta.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menabung di bank Syariah Pemerintah dan bank syariah Swasta, sedangkan sampelnya adalah sebanyak 73 responden, dengan teknik pengambilan sample accidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data adalah kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan independent sample t test. Hasil dari penelitian ini adalah faktor ekonomi tidak berpengaruh terhadap preferensi masyarakat terhadap bank syariah, kondisi ini terjadi karena pendapatan responden sudah tinggi, sehingga tidak begitu memperhitungkan bunga, menabung dengan tujuan menjaga keamanan uang. Faktor agamis berpengaruh terhadap preferensi masayrakat terhada.p bank syariah, kondisi ini terjadi karena keputusan nasabah dalam memiliki bank adalah karena di dorong faktor agama, dimana nasabah menekankan pada ketaatannya terhadap prinsip-prinsip Islam. Faktor dorongan pihak luar berpengaruh terhadap preferensi masyarakat terhadap bank syariah, kondisi ini karena setiap muslim memiliki sifat persaudaraan yang universal, agar mencapai keadilan dalam mengemban amanah sebagai khalifah Allah di muka bumi. Terdapat perbedaan perbedaan preferensi masyarakat terhadap bank syariah untuk bank swasta dan bank syaraiah negeri, kondisi iru terjadi karena bank syariah pemerintah didukung oleh bank pemerintah yang sudah dipercaya oleh nasabah, baik dalam menjaga tingka.t pengembalian tabungan nasabah maupun dalam pengelolaannya.
Kata Kunci : faktor ekonomi, faktor agamis, dan dorongan dari pihak luar terhadap preferensi masyarakat terhadap bank syarirrh

Andika Dwi Ramadhani - Personal Name
657.6 RAM F
657.6
Indonesia
2009
Semarang
xii;72;30x21 cm
Akuntansi Syariah, Faktor Ekonomi, Faktor Agamis, Bank Syariah Pemerintah, Bank Syariah Swasta
LOADING LIST...
LOADING LIST...