Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Konflik Bondolders-Shareholders Seputar Kebijakan Dividen dan Growth Terhadap Peringkat Obligasi Dengan Konservatisme Akuntansi Sebagai Variabel Intervenong


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penganl. konflik bondholders-shareholders seputar kebijakan dividen dan growth terhadap peringkat obligasi dengan konservatisme akuntansi sebagai variabel intervening. Konservtaisme akuntansi adalah prinsip akuntansi yang mengarah pada minimalisasi laba kumulatif yang dilaporkan yaitu mengakui pendapatan lebih lambat, mengakui biaya lebih cepat, menilai asset dengan nilai yang lebih rendah, dan rnenilai kewajiban dengan nilai yang lebih tinggi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2004-2006. Perusahaan yang dipilih sebagai sampel adalah perusahaan yang memiliki konsistensi peringkat obligasi dan data dividen selama tahun 2004-2006 yaitu sebanyak 33 perusahaan. Data yang dipergunakan dalam penelitian adalah data sekunder, yaitu data mengenai laporan keuangan tahunan. Metode analisis yang dipakai dalam menganalisis variabel-variabei dalam penelitian ini adalah mengunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik bonholders-shareholders memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap konservatisme akuntansi (t = -2,583 ; p = 0,015). Dan konservatisme akuntansi rnemiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap peringkat obligasi (t = -1,838 ; p = 0.076 > 0,05 namun di bawah 0,10). Hal ini berarti konflik memiliki pengaruh tidak langsung dengan arah positif terhadap peringkat obligasi. Yang artinya bahwa perusahaan yang semakin besar konflik bondholders-shareholders disuatu perusahaan yang menerapkan konservatisme akuntansi dalam laporan keuangannya akan secara tidak langsung semakin meningkatkan peringkat obligasinya.
Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa growth mempunyai pengaruh langsung terhadap peringkat obligasi dengan arah positif. Semakin perusahaan itu tumbuh maka akan meningkatkan peringkat obligasi (t=2,884; p=0,007 < 0,05).

Silvianita - Personal Name
657.3 SIL P
657.3
Indonesia
2009
Semarang
xii;55;30x21 cm
Akuntansi Keuangan, Laporan Keuangan, Konservatisme Akuntansi, Peringkat Obligasi, Growt, Konflik, Gonholders-shareholders.
LOADING LIST...
LOADING LIST...