Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Perbandingan Perhitungan Jumlah Kredit Modal Kerja Bagi UMKM Melalui KreditKreasi Perum Pegadaian Dengan Perhitungan Metode Lama Perputaran Kredit Modal Kerja



Perum Pegadaian didirikan untuk memberikan layanan dibidang keuangan khususnya kredit gadai kepada masyarakat dari seluruh lapisan masyarakat. Semakin banyak lembaga gadai swasta perorangan maupun organisasi yang sejenis dan berdiri saat ini menyebabkan Perum Pegadaian harus meningkatkan kualitas pelayanan salah satunya menambah produk/usaha lain selain produk utama gadai/kredit cepat dan Aman (KCA) sehingga dapat mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Salah satu produk/usaha lain dari Perum Pegadaian adalah KREASI ( Kredit Angsuran Fudisia ) yaitu kredit yang ditujukan untuk para pelaku usaha mikro sebagai modal usaha dengan menggunakan agunan fidusia yaitu BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor)
Berdasarkanhal tersebut, penelitian ini akan menganalisis perhitungan besar kredit yang dicairkan olah perum pegadaian melalui kredit Kreasi dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan oleh Lilik indarwati (seorang dosen ekonomi) yaitu perhitungan jumlah kredit dengan mode lama perputaran kredit modal kerja. Analisis pengujian dilakukan dengan tes wilcoxon mann¬whitney. Dalam tes wilcoxon mann¬whitney ranking dibuat untuk seluruh pengamatan yang ada dari yang terkecil sampai yang terbesar baik untuk jumlah perhitungan kredit menurut perum pegadaian maupun berdasarkan metode lama perputaran kredit modal kerja. Dari hasil pemberian rangking tersebut dihasilkan w1, dari w1 dapat dihitung distribusi normal (z) sebagai tes statistiknya dan probabilitas dari z tersebut dibandingkan dengan tingkat signifikasi yang telah ditentukan.

Berdasarkan hasil tes wilcoxon mann-whitney dapat diketahui probabilitas (uji dua sisi) dari z sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan probabilitas signifikasi dari z < tingkat signifikasi yang telah ditentukan (0,05) maka dapat diketahui bahwa ada perbedaan antara perhitungan kredit modal kerja bagi pengusaha kecil dan menengah yang diberikan oleh Perum Pegadaian melalui kredit Kreasi dengan Perhitungan yang berdasarkan dengan lama perputaran kredit modal kaja (Penelitian oleh lilik Indrawati). Sebaiknya perum penggadaian dalam memperhitungkan jumlah kredit kepada debitur dapat menjadikan metode lama perputaran modal kerja sebagai pertimbangan analisis yang lebih akurat dalam menentukanjumlah kredit.


Asti Handayani - Personal Name
657.3 HAN A
657.3
Indonesia
2010
Semarang
xi;53;30x21 cm
Akuntansi Keuangan, Kredit, Modal Usaha, Perum Pegadaian, Perputaran Kresit, Hasil Perbandingan
LOADING LIST...
LOADING LIST...