Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Beta Saham Dan Return Saham Terhadap Biaya Modal Ekuitas (Cost Of Equity Capital)


Konsep biaya modal erat hubungannya dengan konsep mengenai pengertian tingkat keuntungan yang disyaratkan (required rate of return). Tingkat keuntungan yang disyaratkan sebenarnya dapat dilihat dari dua pihak yaitu sisi investor dan perusahaan. Dari sisi investor, tinggi rendahnya required rate of return merupakan tingkat keuntungan (rate of return) yang mencerminkan tingkat risiko dari aktiva yang dimiliki. Sedangkan bagi perusahaan yang menggunakan dana (modal), besarnya required rate of return merupakan biaya modal (cost of capital) yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan modal tersebut. Biaya modal biasanya digunakan sebagai ukuran untuk menentukan diterima atau ditolaknya suatu usulan investasi (sebagai discount rate), yaitu dengan membandingkan tingkat keuntungan (rate of return) dari usulan investasi tersebut dengan biaya modalnya, maka dilakukan penelitian dengan judul : “Pengaruh Beta Saham dan Return Saham terhadap Biaya Modal Ekuitas”
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan obyek penelitian perusahan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penentuan sampel dengan purposive sampling sehingga dapat memilih perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria, sehingga didapat 123 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dari data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS 12.00, dengan alat analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beta saham yang memiliki koefisien negatif berpengaruh terhadap biaya modal ekuitas (cost of equity capital) hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,029 < level of signifikan 0,05. sedangkan return saham tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap modal ekuitas (cost of equity capital) hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,145 > level of signifikan 0,05.



Keyword: Beta Saham, Return Saham, Biaya Modal Ekuitas, Investasi

Soraya Amalia - Personal Name
657.3 AMA P
657.3
(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di bursa Efek Indonesia)
Indonesia
2010
Semarang
xii;40;30x21 cm
Akuntansi Keuangan, Beta Saham, Return Saham, Biaya Modal, Ekuitas, Investasi
LOADING LIST...
LOADING LIST...