Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Proses Pengembangan Kualitas Sistem


Semakin Ketatnya persaingan antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional membuat bank harus berkinerja bagus. Hal mendasar yang membedakan antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional adalah dilarangnya sistem bunga dalam praktek perbankan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai perbandingan rasio keuangan antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional.

Populasi dalam penelitian ini adalah 5 Bank Umum Syariah dan 28 Bank Konvensional pada periode 2005-2008. Dengan menggunakan purposive random sampling dengan kriteria sampel yang telah ditentukan, diperoleh dua kelompok sampel penelitian, yaitu 3 bank umum syariah dan 9 bank umum konvensional. Hasil analisa berdasarkan pendekatan rasio keuangan CAR, NPF, ROA, ROE dan FDR. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini adalah independent sample t-test.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional kecuali pada rasio NPF yang tidak memiliki perbedaan yang signifikan sedangkan dilihat dari statistik deskriptif secara umum bank syariah memiliki kinerja lebih baik dibandingkan perbankan konvensional kecuali pada rasio CAR dimana bank konvensional memiliki nilai CAR lebih baik dari bank syariah.

Kata Kunci : CAMELS, Bank Syariah, Bank Konvensional, T-Test

Adityawarman Nugroho - Personal Name
657.028 NUG A
657.028
Indonesia
2009
Semarang
xii;58;30x21 cm
Sistem Informasi Akuntansi, Partisipasi Pemakai, Pelatihan Pemakai, Keahlian Pemakai, Komunikasi Pemakai, Pengembang, Pengaruh Pemakai, Dukungan top Manajer, Konflik Pemakai, Kualitas Sistem
LOADING LIST...
LOADING LIST...