30DALAM lawatan ke Korea, delegasi Unissula juga mengunjungi Myongji College. Rombongan diterima Rektor Myongji College Jung Sun Suh PhD, Kepala Departemen Desain Industri Informatika Prof Jaihyun Kim, Director of the Office of Planning and Coordination Jong Eun Yim, dan Section Chief of International Exchange Center Hae Won Park. 

Kerja sama dua universitas akan difokuskan pada kerja praktik mahasiswa, mengingat karakteristik Myongji College yang berkonsep vocational school lebih menitikberatkan pada kerja praktik.

Terkait dengan karakteristik tepat guna, Direktur Magister Teknik Elektro Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati MSi dan perwakilan Myongji College Prof Jaihyun Kim menandatangani MoU dan langkah awalnya adalah merintis kerja sama bidang IT yang menjadi keunggulan masing-masing institusi. ‘’Tim robotik FakultasTeknologi Industri Unissula mengukir prestasi gemilang di berbagai level, sehingga kerja sama ini segera ditindaklanjuti dengan pertukaran mahasiswa yang memberi mutual benefit bagi kedua belah pihak,’’ kata Dr Arttini.

Nailil Muna menambahkan, selain unggul di bidang IT, Myongji College merupakan pusat bahasa yang lebih berfungsi pada pelayanan masyarakat.

Kelas-kelas bahasa diperuntukkan bagi umum dengan harga terjangkau.

Sebagai bentuk dukungan kepada Unissula yang akan mengembangkan Bahasa Korea, Direktur Pusat Bahasa Myongji College akan memberikan asistensi jarak jauh dan mengirim model kurikulum yang sesuai untuk pengembangan kurikulum pengajaran bahasa asing sebagai wujud pengabdian universitas kepada masyarakat.

Hibah dari Korsel

Selain itu, delegasi Unissula juga mengunjungi Pusan National University (PNU) dan Pusan National University Hospital (PNUH)-Yangsan Campus. Di PNU mereka disambut Coordinator of International Affairs Office Ms Sung Hyun Kyung, Wakil Kepala International Affirs Office Prof Se In Lee, dan Wakil Rektor PNU Prof Cho Kyeum Rae.

Berbeda dari Asan Medical center, PNUH memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan jaminan kesehatan dari pemerintah. Prof Lee dari PNU menyatakan ingin bekerja sama denan Unissula dan RSI Sultan Agung dalam bidang penelitian dan pengembangan yang merupakan keunggulan universitasnya. Dalam kunjungan ke The Korean Foundation, Vice President Du-Hyeon Cha PhD yang didampingi Direktur Korean Studies Department Hyeon Seon Choi dan Program Officer of Korean Studies Department Moon Jae Sung menyetujui proposal pengajuan untuk supporting material program pengajaran Bahasa Korea. Dia juga siap memberikan dukungan terkait dengan pembukaan Korean Center di Unissula.

‘’Pada tahap awal kami memberikan hibah material pembelajaran senilai 4.000.000 KRW. Selanjutnya, merealisasikan grant untuk pembukaan Korean Studies, beasiswa professorship, dan publikasi ilmiah hasil karya akademisi Unissula dalam Bahasa Korea agar karya akademisi Indonesia bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dunia,’’ kata dia. (Cocong AP-37)

sumber: SUARA MERDEKA – Pendidikan (Mutual Cooperation dengan Korea (2-Habis): 22 Juli 2011)  

WhatsApp us