Kegiatan Literasi Informasi Program pertemuan ini dilaksanakan pada hari Jum’at 28 Oktober 2022 dengan materi “Strategi menghindari plagiarisme dengan teknik parafrase, kutipan dan pengecekan turnitin”

Plagiarisme atau plagiasi adalah menulis fakta, kutipan, atau pendapat yang didapat dari orang lain atau buku, makalah, film, televisi, atau tape tanpa menyebutkan sumbernya. Hal tersebut dituturkan oleh Silverman,

Plagiasi berdampak buruk terhadap karya seseorang khususnya bagi pencipta karangan itu sendiri. Diranah akademik, kegiatan ini beresiko mencoreng integritas akademik kampus sebagai salah satu penyumbang ilmu pengetahuan, hingga prinsip moral terkait dengan kebenaran di lingkungan akademik.

Pelatihan Literasi Informasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pencerahan kepada pemustaka civitas akademika UNISSULA agar menjauhi plagiasi. Materi tersebut disampaikan oleh Pustakawan  UNISSULA Eti Sumiati, SIP.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai fakultas di UNISSULA yang mayoritas dari mereka adalah mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Pemateri menyampaikan mengenai macam-macam plagiarisme, kutipan langsung, cara memparafrase, serta cara cek plagiarisme dengan menggunakan software turnitin. Dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menghindari plagiarisme.

WhatsApp us